Pantai Amban Menyimpan Keindahan Pantai Yang Esotik

Alam papua yang begitu kaya akan sumberdaya alamnya menjadikan papua sebagai surga kecil yang memiliki keindahan panorama yang dapat membuat siapa saja yang datang ke papua akan terpesona dan terkagum-kagum. Tak hanya alam yang indah dan kekayaan lainnya Papua memiliki fauna yang menjadikan hampir jenis spesies beraneka yang berada di bumi cenderawasih ini.

Banyak keindahan, keunikan dan kemisterian menjadikan alam papua selalu menjadi bagian yang harus dikunjungi. Salah satu daya tari dan esotik keindahan pantai yang ada di papua Barat adalah pantai amban.

Pantai Amban merupakan salah satu daya tarik dari alam papua yang terletak di Kelurahan Amban, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat. Pantai Amban merupakan salah satu obyek wisata berupa pantai yang memiliki alam yang masih asri karena belum banyak dikenal oleh para wisatawan. Pemandangan alam di pantai ini pun sangat eksotik dan akan membuat betah siapa pun yang berkunjung.

Walaupun Pantai Amban berpasir hitam, namun pesona pantai ini tak kalah dengan pantai pasir putih lainnya. Panjang Pantai Amban sekitar satu kilometer dan berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik. Berpanorama alam pantai yang indah, berombak tinggi, dan biasanya menjadi habitat bertelur bagi penyu. Pantai yang memiliki ombak dengan ketinggian hingga mencapai dua meter dan cocok digunakan untuk berselancar. Namun jika ingin mencoba untuk menaklukkan ombak di pantai ini harus membawa peralatan selancar sendiri karena tidak terdapat fasilitas penyewaan perlengkapan surfing.

Panorama cakrawala saat matahari terbit dan tenggelam pun menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai ini. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen tersebut. Fasilitas wisata di pantai ini pun bisa dibilang tidak ada, karena belum ada pihak yang mengelolanya. Jika ingin menghabiskan waktu lebih lama lagi, kita bisa mencari penginapan di kota Manokwari.

Pantai Amban hanya berjarak sekitar lima kilometer dari kota Manokwari. Perjalanan menuju ke pantai ini dapat menggunakan kendaraan darat baik pribadi, sewa maupun angkutan umum. Waktu tempuh yang diperlukan sekitar lima belas menit. Untuk mencapai pantai ini, bisa ditempuh melalui 2 rute,  rute pertama (terdekat) melalui kampus Universitas Papua (UNIPA) atau melalui rute lain yang agak jauh dan melewati jalan lingkar luar kota Manokwari, melewati objek wisata Pantai Pasir Putih, Tempat Pemanggilan Ikan di Kampung Bakaro, dan Hutan Wisata Gunung Meja. Suarapapua.link [dano kafara]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *