Review Lokatulis Samdhana

Jpeg

Diskusi kegiatan lokatulis hari pertama yang dilaksanakn di Grand Abe Hotel, Jayapura, Papua. Foto: Anouwbo Kagayapugi.

The Samdana Institute menggelar acara lokatulis bagi mitranya, yang berlangsung di Hotel Grand, Abapura, Jayapura, Papua, mulai Rabu sampai Sabtu (01-04/03/2016)

Disela-sela kegiatan yang padat, fasilitator berpengalaman, Fajar, Redaktur Mongabay Indonesia membuka kesempatan untuk meninjau materi.

Sebelumnya panitia membagi peserta dalam dua kelas. Kelas pertama fokus pada pembahasan policy brief bersama fasilitator berpengalaman, Martua Sirait dan Yunus Yumte. Sedangkan kelas kedua fokus pada hard news dan soft news yang merupakan kelas dasar.

DalaM Ruangan yang begitu hangat, peserta menyampaikan argumen atau masalah utama yang dihadapi sesuai dengan daya serap personal pada kegiatan dua hari lalu.

Berbagai pertanyaan dari peserta ditanggapi oleh Fajar dan membuka ruang diskusi untuk mencari solusi bersama.

Fasilitator mencontohkan berita pada media online www.kompas.com sebagai acuan untuk membuat tulisan bagi peserta.

Peserta tidak menyia-yiakan kesempatan tersebut, dengan membahas bersama tulisan yang dibuat oleh salah satu peserta yaitu Yayat sebagai.

Fasilitator menyarankan kepada peserta untuk lebih banyak membaca dan menulis agar memperkaya pengetahuan dan pengalaman dalam membuat berita.

Perlu juga membuka media online www.tempo.co dan www.kominfo.go.id sebagai bahan referensi yang nantinya membantu peserta dalam menulis, ujar Fajar.

Dalam akhir kegiatan tersebut, Sandika, staf Samdhana mengulas pengalaman menulis dari beberapa pelatihan yang diikuti. (Yanuarius Anouw)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *