Tentang Kami

Situs ceritapapeda mengusung semangat jurnalistik warga (citizen journalism) untuk memberitakan hal-hal yang selama ini jarang muncul dalam media-media arus utama, melalui dukungan teknologi-informasi-komunikasi secara mandiri menjadi sangat memungkinkan. Hal ini memberikan harapan baru bagi pendamping masyarakat utamanya mitra Samdhana Institute untuk menuliskan ragam cerita dari “kampung”.

ceritapapeda menganut filosofi “sagu” sebagai sosio-kultural masyarakat adat papua yang berbeda satu dengan yang lainnya tapi memiliki kesamaan nilai-nilai sosial-budaya yang terpatri dalam sifat dan sikap dasar. Papeda terbuat dari sagu yang merupakan makanan tradisional Indonesia. Di Papua papeda dikenal sebagai “makanan komunikasi”, mulai dari proses produksi hingga menyajikannya selalu melibatkan banyak orang. Semua proses tersebut melibatkan masyarkat lokal dalam komunikasi, dan seringkali proses tersebut disertai dinamika saling berbagi cerita ataupun MOP (istilah yang trend di kalangan masyarakat) dalam berbagi kecerian maupun memecahkan masalah yang dihadapi. Filosofi inilah yang ingin digaungkan kepada masyarakat luas melalui ragam cerita Suara Komunitas Papua.

Lahirnya wadah ini diinisiasi dari program capacity building Samdhana Institute kepada mitra yang selama ini terlibat dan berperan aktif dalam implementasi program di wilayah Papua dan Papua Barat. Program ini ini dirancang untuk mendukung upaya peningkatan kapasitas dan kemampuan menulis dalam menyajikan cerita atau tulisan berdasarkan pengalaman, informasi dan temuan-temuan penting dari lapangan yang dikemas dengan gaya bahasa jurnalistik warga yang khas.

Mari budayakan menulis…!